Senin, 25 Juli 2011

Apa arti desain?Sebelum menjawab pertanyaan ini, ada baiknya kita batasi dulu konteks dimana kata 'desain' itu digunakan. Kata 'desain' digunakan di dunia pendidikan(desain pembelajaran), di dunia teknik (desain engineering), dan masih banyak bidang lainnya. Dalam tulisan ini kata 'desain' yang dibahas adalah
'desain' dalam dunia seni rupa. Bahasan makna desain di dalam seni rupapun dapat dilihat dari berbagai sudut pandang. Misalnya batasan subjektif, yakni pengertian berdasarkan pengalaman pribadi desainer atau batasan objektif, yaitu pengertian etimologis, kamus,dictionary atau dari sumber ensiklopedia.Kembali kepertanyaan semula, apakah desain itu?
Ada 3 jawaban. Pertama,
desain adalah solusi. Kita membuat brosur/poster/web untuk memecahkan suatau masalah komunikasi visual. Kedua, desain adalah ekspresi. Ekspresi bukan monopoli lukisan saja. Ketika kita merancang poster, desain kita memancarkan ekspresi/ungkapan. Ada ungkapan rasa(walaupun tak sebesar lukisan), ada ungkapan gagasan kita, ada ungkapan pandangan dunia kita. Desain tidak senetral yang diduga orang. Kita dapat mengamati berbagai karya desain grafis, lihatlah ekspresinya. Ketiga, desain adalah eksplorasi. Ketika kita berkarya m egini?Bagaimana kalau begitu? dstnya. Kita mencoba berbagai material dan kemungkinan. Semakin banyak mendesain, seharusnya desainer semakin kaya akan pengetahuan, karena desainer menemukan berbagai hal baru. Inilah arti desain: Solusi, Ekspresi dan Eksplorasi (SEE).Inilah tritunggal makna desain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar